Fahrizal's Blog

Semua yang ada di blog ini adalah beberapa rangkuman materi yang saya dapat di bangku kuliah. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk teman-teman!!

Game engine

1.Pengertian Game Engine

Game engine adalah program yang “memotori” jalannya suatu program game. Kalau game diilustrasikan sebagai musik yang keluar dari mp3 player, maka engine adalah mp3 player dan program utama adalah data mp3 yang dimasukkan ke dalam mp3 player tersebut.

Dengan adanya engine, waktu, tenaga dan biaya yang dibutuhkan untuk membuat game software menjadi berkurang secara signifikan. Beberapa game dengan jenis dan gameplay yang hampir sama bisa dibuat dengan sedikit usaha bila terlebih dahulu dibuat engine-nya. Setelah engine diselesaikan, programmer hanya perlu menambahkan progam utama, memakai resources (objek 3D, musik, efek suara) yang baru dan, jika benar-benar dibutuhkan , sedikit memodifikasi engine sesuai kebutuhan spesifik dari game yang bersangkutan.

2.Definisi dan type game engine

Game engine adalah program yang menjadi penggerak suatu program game. fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.

Jenis-jenis Game Engine
Terdapat beberapa kategori untuk Game engine, diantaranya :

1. Freeware game engine/open source game engine

· Blender (Cenderung bersifat 3d)
· Golden T Game Engine (GTGE)
· DXFramework
· Ogre (Cenderung bersifat 3d)
· Aleph On

2. Commercial engines/game engine berbayar (komersial)

· Alamo
· A.L.I.V.E
· BigWorld
· DXStudio
· Dunia Engine
· Euphoria
· GameStudio


Beberapa penjelasan game Engine :

OGRE

OGRE (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) merupakan engine yang mendukung 3D Graphic. Merupakan game engine yang fleksibel dalam melakukan 3D Rendering, ditulis dalam bahasa C++ sehingga memudahkan pengembang untuk membangun game yang mendukung 3D Graphics.

Blender

Blender adalah program 3D dan animasi yang bersifat opensource,
bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan
kembali dan bersifat Legal.Blender memiliki video compositor dan intergrated game engine

Karya yang dihasilkan tidak ada sifat royalt kepada developer, dan
dapatdipublikasikan baik free maupun untuk dikomersilkan

RealmForge

Merupakan free dan open source game engine untuk Microsoft .Net Framework dan dikhususkan pada visual3D Game Engine, merupakan cross platform game engine untuk .NET 2.0 dan Microsoft XNA. RealmForge dibangun diatas AXIOM 3D rendering engine. Di tulis dalam bahasa C# keseluruhan. Dibangun untuk pembuatan game berbasis .NET.



sumber :

http://en.wikipedia.org

http://digilib.petra.ac.id

http://chinmi.wordpress.com

http://gamexeon.com

0 komentar: